Gunung Rajabasa Dan Teluk Lampung

Gunung Rajabasa Dan Teluk Lampung

Gunung Rajabasa Dan Teluk Lampung – Berkaitan tsunami di pantai Selat Sunda yakni Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan.

Beberapa tujuan rekreasi di pesisir Kalianda, khususnya di Kecamatan Kalianda dan Rajabasa terlihat hancur kronis.

Pesisir Kalianda, Serasi Gunung Rajabasa Dan Teluk Lampung

Beberapa tujuan rekreasi berbentuk pantai di pesisir Kalianda, Kecamatan Kalianda yang terimbas tsunami salah satunya pantai maja, pantai batu kapal, dan pantai ketang.

Baca Juga: Wisata Pantai Tanjung Bastian

Berdasar pengawasan di atas lapangan hari Minggu sore (23/12/2018) beberapa infrastruktur seperti bangunan dan rumah warga terlihat hancur kronis. Meskipun begitu suplai energi listrik dan telekomunikasi masih bekerja.

Kecamatan Kalianda sebagai teritori pesisir yang dikuasai oleh tujuan rekreasi pantai ini cuman memiliki jarak seputar 2 KM dari Kota Kalianda, pusat pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung.

Imbas tsunami paling serius ada di Kecamatan Rajabasa. Beberapa tujuan yang sejauh ini jadi simbol pariwisata Kota Kalianda seperti pantai canti, pantai reporter dan banding resor. Beberapa sarana pariwisata di teritori pantai terserang serangan tsunami. Bahkan juga suplai listrik dan telekomunikasi juga sempat pernah terhalang.

Infrastruktur dan sarana umum pariwisata hancur kronis. Kecamatan Rajabasa jadi wilayah paling paling dekat dengan pusat Tsunami. Harus dipahami, Pantai Canti ialah posisi atau jadi pelabuhan di Lampung Selatan untuk ke arah Pulau Sibesi dan Anak Gunung Krakatau.

Harus dipahami, baik pantai canti atau pantai reporter sebagai kantong pelancong terbesar di Kota Kalianda. Khususnya, pantai canti. Pasalnya pantai canti jadi salah satunya pelabuhan yang menyambungkan ke Pulau Sibesi dan ke Anak Gunung Krakatau.

Dan dari pantai canti dan pantai reporter pelancong dapat melihat keelokan Anak Gunung Krakatau.

Semenjak tempo hari malam Sabtu (22/12/2018), Kementerian Pariwisata (Kemenpar) lewat Team Crisis Center (TCC) lakukan pantauan dan pencatatan berkaitan imbas tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung. Dari data yang digabungkan Team TCC dari Kabupaten Lampung Selatan, dijumpai tiga hal khusus berkaitan pariwisata, yaitu 3A yang terbagi dalam pertunjukan, amenitas, dan aksesbilitas di Lampung Selatan terserang imbas tsunami.

Wisata Di Pesisir Kalianda Yang Eksotik

Guntur Sakti, Ketua Team Tourism Crisis Center (TCC) yang Kepala Agen Komunikasi Khalayak Kemenpar, menjelaskan, sejumlah besar yang terimbas tsunami ialah pertunjukan alam seperti pantai dan pulau, tetapi untuk pertunjukan yang berbasiskan budaya dan bikinan belum terdata dan sedang dalam usaha pengaturan.

Sementara berkaitan amenitas, terdaftar tiga hotel di Lampung Selatan alami kerusakan, salah satunya Hotel Reporter de Mansion beberapa 15 kamar hancur, Hotel Grand Elty Krakatoa yang restaurantnya tersapu air, dan Kahaii Beach Resor yang alami kerusakan pada sarana di pinggir pantai. Beberapa 102 gardu PLN juga masih padam dan 20 tiang SUTM (Aliran Udara Tegangan Menengah) ambruk.

Untuk aksesblitas dari Kota Kalianda sampai wilayah terimbas tsunami masih bisa dilakukan dengan beroda 4. Meskipun begitu, dianjurkan, supaya pelancong yang akan nikmati berlibur sekolah, rayakan Natal dan Tahun Baru untuk beberapa waktu tidak ke pantai. Terutamanya di pesisir pantai Kalianda, Lampung Selatan.

Pesisir Kalianda, jadi salah-satu mahkota rekreasi untuk Propinsi Lampung. Karena Pesisir Kalianda jadi teritori berjuta rekreasi, dengan berjuta keelokan.

Kalianda ialah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Lampung Selatan. Lebih populer dengan panggilan Pesisir Kalianda, karena posisinya bersebelahan dengan Teluk Lampung, dan ada di Kaki Gunung Rajabasa.

Posisi itu, jadikan Kalianda sebagai teritori yang dinugerahi jumlahnya tempat wisata alam, khususnya rekreasi pantai, yang paling populer sebagai rekreasi Lampung yang terkenal.

Maka sebuah keuntungan untuk beberapa pelancong yang tiba ke Pesisir Kalianda. Karena di Kecamatan Kalianda, ada bermacam rekreasi Kalianda yang jaraknya tidak begitu jauh keduanya.

Dan berikut ulasan Pesisir Kalianda Lampung yang harus anda kenali!

Posisi Kalianda

Kalianda ialah sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan. Kecamatan ini berada di kaki Gunung Rajabasa. Kecamatan ini mempunyai pesisir yang sarat dengan beberapa pantai Cantik. Beberapa pantai itu berada di pinggir pantai di sejauh Teluk Lampung.

Jalur Ke arah Kalianda

Perjalanan Anda diawali pada Bandar Lampung, kurang lebih 65 km menuju Kalianda yang disebut Ibu-kota dari Kabupaten Lampung Selatan. Perjalanan melalui Lajur Lintasi Sumatera, ataupun lebih dikenali bernama Jalan by pass. Lama perjalanan dari Bandar Lampung ke Kecamatan ini seputar 1.5 jam.

Saat datang di Kalianda, pengunjung akan menyaksikan Mushola Agung di muka Kantor Bupati Lampung Selatan. Disini Anda keluar by pass dan belok kanan ke arah Kota Kalianda.

Beberapa maskapal penerbangan Sriwijaya Air, Batavia, Lion, dan Garuda layani jalur penerbangan dari Lapangan terbang Soekarno Hatta, Jakarta, ke arah Lapangan terbang Raden Inten II, Lampung Selatan. Perjalanan seterusnya dilakukan dengan Bus umum atau kendaraan individu.

Travel banyak juga ada, agenda umumnya start jam 8-10 pagi dan 8-10 malam bergantung tempat jemputan. Range harga Rp. 170.000,- plus ongkos penjemputan.

Jam Membuka Kalianda

Beberapa pantai di pesisir Kalianda, yang telah diatur secara eksklusif sebagai tempat wisata umumnya mempunyai jam operkanasional start pukul 08:00 sampai 16:00.

Ticket Kalianda

Untuk harga ticket beberapa pantai di pesisir Kalianda bervariatif. Tetapi biasanya ada di angka Rp. 20.000 per-orang. Tapia da beberapa yang gratis, terutamanya yang masih belum di urus secara eksklusif dan belum ada sarana simpatisan.

Sarana Kalianda

Beberapa pantai di Kalianda telah mempunyai sarana yang ideal. Seperti sarana permainan tradisionil, gazebo, kantin, lapangan voli pantai, lapangan sepakbola mini, masjid, toilet, spot photo dan bumi perkemahan.

Warung dan pujasera yang disiapkan memiliki menu yang bermacam. Warung dan kantin yang menghadap langsung ke pantai akan bisa memberi kesan makan yang lain untuk beberapa pengunjung.

Untuk tempat perkemahan umumnya ramai ketika berada acara komune ataupun waktu perayaan malam tahun baru.

Daya Ambil Pesisir Kalianda Lampung Selatan

Daya magnet dari Pesisir Kalianda dikuasai oleh keelokan alam pantainya. Kehadiran Gunung Rajabasa, dan Teluk Lampung memberikan karunia keelokan alam yang memesona.

Beda posisi, sudah pasti beda daya tarik keelokan, dan karakter pantainya. Dan berikut beberapa pantai yang berada di Pesisir Kalianda :

  1. Pantai Kedu

Pantai pertama yang berada di Pesisir Kalianda ialah Pantai Kedu. Posisi dan alamat Pantai Kedu ada di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung.

Harga ticket masuk Pantai Kedu Kalianda :

  • Rp. 5.000 per-orang
  • Rp. 15.000 untuk ticket masuk, dan parkirkan motor
  • Rp. 20.000 untuk ticket masuk dan ongkos parkirkan mobil.

Daya tarik keelokan dari Pantai Kedu, kecuali dari pemandangan alam pantainya, tapi pantai itu populer dengan spot café yang paling instagramable.

  1. Pantai Laguna

Daya magnet seterusnya dari pantai yang berada di Pesisir Kalianda ialah daya tarik keelokan Pantai Laguna. Pantai yang populer mempunyai pasir putih, dan ombaknya yang tidak besar.

Yang khusus dari Pantai Laguna ialah gabungan pemandangan Gunung Rajabasa yang berada diseberang Pantai Laguna, dengan keelokan pantai tersebut.

Posisi dan alamat Pantai Laguna ada di Dusun Desa Ketapang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung.

Harga ticket masuk Pantai Laguna cuman Rp. 10.000 saja per-orang.

  1. Teluk Nipah

Teluk Nipah, ialah teluk yang mempunyai tiga daya tarik keelokan pantai. Yakni :

  • Pantai Sudul
  • Wisata Pantai Marina
  • Pantai Teluk Nipah

Posisi dan alamat Teluk Nipah ada di Dusun Bulok, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung.

Kecuali dari 3 pantai itu, di Pesisir Kalianda ada pantai – pantai yang lain yang mempunyai pemandangan alam yang paling cantik. Misalnya :

  • Lokasi Pantai Embe
  • Pantai Bagus Kalianda
  • Pantai Merak Belantung

Penutup

Itu info sekitar Pesisir Kalianda, mudah-mudahan jadi rujukan awalnya untuk anda yang ketidaktahuan tentukan posisi rekreasi saat berlibur datang.

Selalu taati prosedur kesehatan, dan prosedur keamanan ya…