Keelokan Pantai Minimalis Gunung Kidul

Keelokan Pantai Minimalis Gunung Kidul

Keelokan Pantai Minimalis Gunung Kidul – Ada yang pernah dengar nama Pantai Nguyahan? Dari sisi nama mungkin, kita tidak pernah dengarnya.

Karena, teritori ini seolah terbenam karena, beberapa pelancong cenderung pilih Pantai Ngobaran yang mempunyai spot-spot kece yang membuat anda malas untuk berkedip.

Pantai Nguyahan, Keelokan Pantai Minimalis Di Gunung Kidul

Tapi, harus dipahami jika Pantai Nguyahan mempunyai daya tariknya sendiri yang harus anda datangi. Apa lagi, saat musim berlibur dan sedang bertandang ke Gunung Kidul. Mengunjugi tempat rekreasi ini jadi sebuah kewajiban.

Baca Juga: Kesan Rekreasi Ke arah Awan

Lalu, ada apa yang ditawari oleh Teritori rekreasi ini? pertanyaan yang kerap di dengar oleh banyak pengunjung yang betul-betul buta berkenaan tempat wisata ini. Jawabnya ialah benar-benar mengagumkan dan sayang untuk ditampik sedikit juga.

Keunggulan yang lain terlihat kelihatan ialah kebersihannya yang dapat disebutkan juara. Tidak ada sampah sedikit juga yang bertebaran. Beberapa kotak sampah juga telah disiapkan. Menariknya, beberapa pengunjung perlahan-lahan mulai sadar untuk buang sampah pada tempatnya.

Berkunjung sebuah pantai untuk seluruh orang akan membuat semua jadi baik saja, apa lagi bila pantai yang didatangi sepi dan bersih. Wah, tentu kamu kerasan untuk lama-lama di situ.

Di seputar Gunung Kidul, Yogyakarta ada sebuah pantai yang tidak begitu ramai didatangi pengunjung. Disamping itu pantainya cantik dengan dihias pasir putih bersih, namanya adalah Pantai Nguyahan.

Pantai nguyahan sebagai salah satunya pantai yang cantik dengan semua macam rekreasi yang bisa kamu kerjakan seperti, nikmati penggantian hari, camping di tepi pantai, dan memancing.

Pantai ini berdampingan dengan Pantai Ngobaran, tetapi pengunjung semakin tertarik berkunjung Pantai Ngobaran karena semakin banyak ada tempat spot fotonya.

Walau sebenarnya Pantai Nguyahan mempunyai alam yang mengagumkan, kamu bisa menyaksikan di atas ketinggian bukit yang ada di seputar pantai.

Di atas bukit akan terlihat terang daya tarik alam yang didatangkan Pantai Nguyahan, menyaksikan gelombang air laut yang tidak demikian tinggi teus sapu perairan disekelilingnya. Didampingi dengan langit biru yang berhiaskan awan putih.

Kecuali mempunyai keelokan pantai yang mengagumkan, Pantai Nguyahan populer sebagai pantai yang paling bersih.

Asal Mula Nama Pantai Nguyahan

Di sini kamu tidak akan mendapati sampah sedikit juga, beberapa pengurus telah sediakan beberapa tong sampah di seputar posisi. Dan ditolong oleh kesadaran beberapa pengunjung selalu untuk buang sampah pada tempatnya.

Rupanya tenang dan keelokan dari rekreasi Pantai Nguyahan ini tidak terlepas dari yang bernama dogma dan narasi rakyat berkenaan asal mula dari ojek rekreasi ini. Di mana, jaman dulu pada jaman masih tidak ada internet dan belanda masih menempati Indonesia.

Nach, pada jaman itu, teritori ini populer sebagai pemroduksi garam. Karena itu, tempat wisata ini diberi nama pantai nguyahan. Dengan bahasa jawa uyah bermakna garam. Maka tidaklah aneh kan jika tempat ini dinamai nguyahan.

Pantai Nguyahan dahulunya sebagai tempat pengerjaan garam yang paling populer di Gunung Kidul semenjak jaman pemerintah Belanda.

Ini karena Pantai Nguyahan mempunyai air laut yang lumayan gampang untuk dibuat jadi garam. Karena itu, penyematan nama “Nguyahan” berawal dari kata “Uyah” yang maknanya garam. Hingga Pantai Nguyahan mempunyai tujuan pantai tempat pengerjaan garam.

Hingga saat ini aktivitas pengerjaan garam di seputar pantai masih berjalan, kamu akan menyaksikan beberapa petani garam diperjalanan ke arah Pantai Nguyahan.

Posisi Pantai Nguyahan

Posisi Pantai Nguyahan ada di Dusun Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Pantai Nguyahan

Jalur ke arah Pantai Nguyahan bila kamu bergerak dari pusat perkotaan Yogyakarta akan tempuh perjalanan sepanjang 75 km dengan perkiraan waktu pintas seputar 1 jam 30 menit.

Untuk ke arah posisi seharusnya memakai kendaraan individu, karena belum terdapatnya akses angkutan umum. Kamu bisa ambil jalur Piyungan dari Yogyakarta selanjutnya ke arah Parangtritis lalu pada akhirnya tiba kamu di Panggang.

Seterusnya tujukan kendaraanmu ke arah Saptosari Pasar Truwono, selanjutnya datang di Kanigoro, tidak berapakah lama selanjutnya tiba kamu di Pantai Nguyahan. Pantai ini ada tidak jauh dari Pantai Ngobaran.

Jam Membuka Keelokan Pantai Gunung Kidul Nguyahan

Jam operkanasional Pantai Nguyahan dibuka tiap hari Senin s/d hari Minggu, start pukul 08.00 s/d jam 18.00

Ticket Pantai Nguyahan

Ticket masuk dan parkirkan untuk nikmati Pantai Nguyahan terbagi dalam:

  • Tiket masuk sejumlah Rp. 5.000,- per-orang
  • Tiket parkirkan motor sejumlah Rp. 5.000,- per unit
  • Tiket parkirkan mobil sejumlah Rp. 10.000,- per unit
  • Sewa tenda dan alas sejumlah Rp. 20.000
  • Tiket untuk nikmati spot di atas bukit sejumlah Rp. 2.000 saja

Sarana Pantai Nguyahan

Sarana umum yang berada di seputar Pantai Nguyahan salah satunya:

  • Area parkirkan yang lumayan luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Kamar tukar
  • Warung-warung minuman dan makanan

Daya Ambil Keelokan Pantai Gunung Kidul Pantai Nguyahan

Walau Pantai Nguyahan tidak begitu besar, tetapi mempunyai beberapa daya magnet yang sanggup membuat pengunjung terus banyak yang datang. Yaitu sebagai berikut ini:

  1. Pantai Imut Yang Cantik

Pantai Nguyahan tidak memanjang seperti beberapa pantai biasanya, pantainya kecil tetapi benar-benar cantik. Dengan dihias beberapa batu karang dengan bermacam ukuran, yang mengahalau besarnya ombak ke tepi pantai.

Disamping itu, pantai ini mempunyai pasir putih yang paling bersih, aman untuk beberapa anak bermain pasir atau bahkan juga bermain bola di bibir pantainya.

Deburan ombaknya cukup kuat, hebat sekali menanti hadirnya ombak selanjutnya kamu lari menjauh darinya. Beberapa anak pasti teriak kegirangan beraktivitas tesebut.

Di seputar bibir pantai ada banyak payung besar yang telah diperlengkapi sebuah alas, di mana kamu bisa istirahat sekalian melihati luasnya laut.

Dengarkan deburan ombak yang menentramkan didampingi sepoi-sepoi angin yang membuat badanmu berasa sejuk. benar-benar benar-benar menentramkan, lokasi yang pas untuk mengetepikan diri dari semua keributan kota diganti dengan keelokan Pantai Nguyahan yang mengagumkan.

Kecuali populer sebagai sentral pengerjaan garam, Pantai Nguyahan sebagai teritori pemroduksi rumput laut. Jadi kamu bisa menyaksikan masyarakat yang memetik rumput laut pada saat-saat tertentu.

  1. Hiasan Bukit Yang Gagah

Pantai Nguyahan dijepit oleh dua bukit yang dengan gagahnya membuat perlindungan, bukit itu terlihat banyak pohon-pohon hijau yang menambahkan asrinya situasi pantai.

Kamu bisa ke arah atas bukit dengan melalui jalan yang telah disiapkan, dan menyaksikan dari ketinggian situasi Pantai Nguyahan. Embusan angin akan berasa kuat di atas bukit, tetapi kamu berasa suka ada di sini.

Karena ada sebuah gardu pandang yang dapat dipakai untuk berpose selfie bersama cantiknya bentangan Pantai Nguyahan.

Untuk ke arah atas bukit, kamu harus lewat jalan setapak yang sedikit naik. Tetapi rasa capek akan terbayar dengan pemandangan alam yang telah dipersiapkan.

Di atas ketinggian bukit sebagai posisi yang pas untuk melihat cantiknya matahari keluar dan eloknya matahari terbenam.

  1. Camping

Kecuali nikmati keelokan pantai pada siang hari, kamu dapat melihat cantiknya Pantai Nguyahan pada malam hari. Dengan membangun tenda di seputar pantai, kamu bisa nikmati deburan ombak semalaman.

Agar bisa membangun tenda di sini kamu seharusnya bawa peralatan camping sendiri, karena di sini belum ada persewaan tenda atau perlengkapan yang lain.

Cicipilah menginap dengan situasi pantai yang menentramkan, dihias berkilaunya bintang yang menghias malam. Habiskan waktu bersama-sama dengan lakukan bermacam aktivitas hebat yang tidak terlewatkan.

  1. Memancing

Beberapa mancing mania pasti kerasan lama-lama ada di Pantai Nguyahan, karena di samping selatan pantai ini sebagai spot terbaik untuk memancing.

Menanti umpan dikonsumsi oleh ikan sekalian nikmati alam yang cantik sebagai nilai lebih dari Pantai Nguyahan ini.

Panduan Rekreasi Keelokan Pantai Gunung Kidul

Berikut aku bagi beberapa panduan rekreasi buat kamu yang akan berkunjung Pantai Nguyahan, salah satunya:

  • Selalu lihat beberapa anak saat sedang main air.
  • Berhati-hatilah saat ambil beberapa video atau gambar di atas bukit.
  • Selalu menjaga kebersihan tempat Pantai Nguyahan.
  • Gunakan Sunblock untuk menepis pancaran cahaya matahari sentuh badanmu.
  • Kamu dapat memakai topi atau kacamata hitam untuk menghindar teriknya cahaya matahari.
  • Hindari tindakan yang bisa bikin rugi diri kita atau seseorang.
  • Siapkan camera kamu untuk mendokumentasikan keelokan Pantai Nguyahan.

Pencinta pantai tentu nikmati kebersama-samaan bersama alam Pantai Nguyahan, posisinya yang tidak begitu ramai dan bersih sebagai daya magnet tertentu.

Cicipilah deburan ombak Pantai Nguyahan bersama semua anggota keluargamu, habiskan akhir pekan ini bersama sama mereka.