Kesan Rekreasi Ke arah Awan

Kesan Rekreasi Ke arah Awan

Kesan Rekreasi Ke arah Awan – Kamu tentu sudah mengetahui jika Jogja memang selalu menjadi salah satu surganya rekreasi alam di Indonesia.

Tetapi kemungkinan tempat rekreasi alam yang ini masih asing di telinga kamu. Namanya Pucuk Widosari. Pucuk ini berada di Tritis, Samigaluh, Kulon Progo.

Gunung Widosari, Kesan Rekreasi Beberapa langkah Kembali Ke arah Awan

Dari Kota Jogja kamu dapat berjalan lempeng menuju Jalan Godean, terus turuti jalan sampai berjumpa dengan perempatan Nanggulan. Kemudian dari perempatan mengambil jalan arah ke kanan sampai berjumpa dengan perempatan Dekso, masih lempeng sampai ke Pasar Plono.

Baca Juga: Rekreasi Air Terjun Tarunggang

Dari Pasar Plono kamu tinggal turuti papan panduan arah ke arah Pucuk Widosari. Sesungguhnya tempat rekreasi ini telah dibuat semenjak tahun 2012, tetapi karena posisinya yang berlebihan dan beresiko, sedikit pelancong yang ingin meliriknya. Sampai di tahun 2017 Pucuk Widosari mulai mengoles diri dan membuat teritori ini jadi lebih aman dan ramah pengunjung. Daya tarik yang dijajakan Pucuk Widosari ini dapat diadu dengan rekreasi yang lain telah terkenal dulu.

Pucuk Widosari sebagai titik paling tinggi dari bukit namanya Bukit Widosari yang disebut rangkaian Pegunungan Menoreh. Bukit ini bukanlah sembarangan bukit, jika kita perhatikan bukit itu sepintas terlihat serupa dengan kepala manusia. Di bukit seperti terlihat ada tonjolan berupa serupa mata, hidung, dan mulut yang dipunyai manusia. Di atas bukit kamu dapat menyaksikan panorama alam yang mengagumkan. Bentangan tanaman hijau sepanjang mata melihat dan angin sepoi-sepoi yang tanpa henti. Salah satu perihal sebagai simbol dari Pucuk Widosari ialah ada batu besar di atas bukit. Batu ini besar sekali sampai kelihatan dari terlalu jauh.

Pucuk Widosari memang tidak begitu tinggi dibanding dengan pucuk-puncak yang lain tapi cukup melelahkan untuk raih pucuknya. Yakinkan kamu ada pada keadaan badan yang bugar ya saat sebelum tiba kesini. Tenang, jalan ke arah pucuk telah diatur secara baik hingga relatif aman. Akses jalan ke posisi berbentuk tangga berundak dengan pagar pengaman yang telah mencukupi. Ada seputar 240 anak tangga yang perlu kamu naiki untuk sampai di pucuk.

Sarana Tempat Rekreasi Ke arah Awan

Ada banyak titik posisi yang dapat kamu dipakai untuk istirahat sesaat menghela napas. Tetapi kamu harus tetap waspada ya karena bukit ini dikitari jurang yang cukup dalam. Demikian sampai di atas ditanggung rasa lelahmu terbayarkan kontan. Kecuali panorama alamnya yang memesona salah satunya daya magnet dari Pucuk Widosari ialah nilai riwayat yang dipunyai. Kabarnya Bukit Widosari pernah jadi posisi bertapa Pangeran Diponegoro.

Sarana di Bukit Widosari telah komplet. Ada kamar mandi umum, warung makan dan jajan, masjid, tempat parkir yang lega, dan pemondokan. Jika kamu ke sini ajak keluarga, ada gazebo yang dapat dipakai untuk santai dan istirahat bersama. Ada gardu pandang ditanggung membuat kamu makin kerasan sebab bisa jadi spot photo yang kece. Gardu pandang ini membuka gardu pandang asal-asalan.

Dibuat dengan kostruksi beton yang kuat sama ukuran yang termasuk luas. Di atasnya ada bangku-bangku panjang untuk duduk melepaskan capek dan nikmati eloknya panorama dari Pucuk Widosari. Jangan ketinggal pasti berselfie mendokumentasikan event sangat jarang di atas ketinggian apa lagi bila kamu ke sana ajak orang tercinta. Pada bagian tepi gardu pandang telah diperlengkapi pagar pengaman dari besi membuat rutinitasmu lebih aman dan tenang.

Saat kamu tertarik untuk tiba ke sini, benar-benar dianjurkan untuk mengawasi keadaan cuaca dulu. Jauhi tiba ketika hujan karena akses ke arah posisi Pucuk Widosari jadi licin dan riskan untuk terpeleset.

Tempat rekreasi di Wilayah Spesial Yogyakarta (DIY) memang memang sanggup menarik hati beberapa pelancong nasional, atau pelancong luar negeri.DIY memang jadi salah-satu tujuan rekreasi khusus untuk pelancong nasional. Semua topik rekreasi tersaji komplet, mulai dari topik riwayat, kulineran, dan rekreasi alam.

Satu diantaranya, tempat wisata Pucuk Widosari yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Pucuk Widosari ada di Gunung Widosari. Sebuah tempat wisata yang memberi pojok lain keelokan Jogja, terutamanya dari ketinggian.

Trackking Atau Jalan Ke arah Pucuk Widosari Kulon Progo

Perjalanan ke arah Pucuk Widosari sebagai perjalanan yang paling membahagiakan. Karena di sejauh jalan terbentang panorama yang paling cantik, dan jalannya telah bagus.

Cuma beberapa kecil saja jalanan yang belum maksimal. Jalan ke arah teritori tempat wisata Pucuk Widosari bisa menjadi sedikit menyempit saat dekati tempat parkirkan bila memakai mobil.

Karena itu, beberapa pengunjung dianjurkan memakai sepeda motor untuk sampai di tempat parkirkan Pucuk Widosari Kulon Progo.

Setelah tiba di tempat parkirkan. Karena itu pengunjung harus meneruskan perjalanan dengan berjalan naiki anak tangga yang telah teratur baik.

Saat perjalanan anda makin dekati sebuah batu besar yang berada di pucuk, karena itu itu penanda jika perjalanan anda akan selekasnya sampai.

Sampai selanjutnya, beberapa pengunjung akan menyaksikan sebuah bangku panjang yang ada di dekat batu besar itu, karena itu itu posisi khusus Pucuk Widosari.

Kagum akan panorama alam yang paling mengagumkan ketika ada di posisi khusus, minimal gaji dari lelahnya perjalanan ke arah Pucuk Widosari.

Daya Ambil Pucuk Widosari

Daya tarik keelokan Pucuk Widosari Kulon Progo Wilayah Spesial Yogyakarta (DIY) berada pada spot yang menyuguhkan beberapa pojok kota di atas ketinggian.

Disamping itu, bibir pantai selatan, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu bisa kelihatan cantik ketika ada di Pucuk Widosari.

Pucuk Widosari mempunyai ciri-ciri khusus yakni pucuk batu yang besar sekali. Hingga beberapa pengunjung tidak dapat sampai ke posisi benar-benar ujung dari Pucuk Widosari.

Tempat wisata Pucuk Widosari tidak lupa mendatangkan spot yang paling instagramable, dengan latar alam yang memesona.

Walau Pucuk Widosari dapat jadi sebagai tujuan rekreasi keluarga (dengan catatan masih memprioritaskan faktor keamanan) tetapi lawatan rekreasi dikuasai oleh golongan milenial.

Kesan yang akan berasa ketika ada di Pucuk Widosari, ialah beberapa langkah kembali ke arah awan. Pucuk Widosari, ialah rekreasi negeri di atas awan yang berada di Kulon Progo.

Posisi Pucuk Widosari

Alamat Pucuk Widosari persisnya ada di Desa Tritis, Dusun Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Tetapi posisi Pucuk Widosari ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Jarak dari Kota Yogyakarta ke Pucuk Bukit Widosari seputar 39 km, dengan waktu pintas 1,5 jam perjalanan.

Jalur Ke arah Pucuk Widosari

  • Bagi pelancong yang pergi dari pusat perkotaan Yogyakarta bisa ke arah arah barat yaitu ke jalan KH.
  • Kemudian teruskan kembali perjalanan ke arah arah barat ke jalan dataran 3 -> Jalan Kebon Agung -> jalan Raya Banjararum -> Jalan Samigaluh -> Jalan tegal sari. Kemudian turuti jalan sampai hingga ke posisi pucuk widosari.

Jam Membuka Pucuk Widosari

Posisi rekreasi cantik ini membuka tiap hari. Start pukul 06.00 sampai tutup jam 18.00.

Ticket Pucuk Widosari

  • Harga ticket masuk Pucuk Widosari benar-benar murah, pengunjung cuman dikenai ongkos yakni Rp 2.000,-/orang.
  • Sedangkan untuk ongkos parkirkan di Pucuk Widosari yakni Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkirkan mobil.

Sarana Rekreasi Ke arah Awan Pucuk Widosari

Sarana Pucuk Widosari cukup komplet untuk beberapa pelancong yang ingin berkunjung Pucuk Widosari, salah satunya ialah: Toilet umum, Tempat parkirkan, Masjid, Gazebo, Spot photo, dan Tempat duduk.